Blog punya I Putu Sudarma yang sebenernya udah dibuat pertengahan 2009, dengan alamat http://mystarrynightdream.blogspot.com. Tapi sekarang udah ganti alamat jadi http://jurnalputu.blogspot.com. Jurnal ini hanya sekedar jurnal digital kecil di sela-sela waktu saya, saya sih berharap bisa terus update berita, sharing informasi, dll di jurnal ku.

August 12, 2009

Install Ulang Windows XP2 Melalui USB Flashdisk

Kejadian ini terpaksa aku lakukan, pasalnya kemaren windowsku bermasalah, windows xp sp2 yang ku install di laptopku Axioo TVS 8122 S. Nggak tau kenapa tapi tiap aku login yahoo messenger pasti ada network error ato connection error... Padahal buat browsing internet, buka facebook, twitter, situs porno, semua bisa !!! Huft... masalahnya bukan itu aja, tapi pake program lainnya juga gak bisa, misalnya aku tuh kemaren pengen install program Digsby. Kebetulan program digsby itu butuh koneksi internet, tapi pas install juga sama, connection error, gak tau kenapa tapi menurut spekulasiku, ada port ku yang rusak :P, soalnya sebelumnya juga pernah utak-atik port yang ada di laptopku ini. Tanpa pikir panjang, niatan langsung install ulang !!!

Udah lah.. gak mau ngurus lagi, pokoknya install ulang, lagian windowsku juga punya error lain, tapi saking kepinginnya install digsby, rela dah. Digsby merupakan program desktop untuk keperluan IM, Email, dan Social Network. Jadi dengan Digsby kita bisa buka email account seperti yahoo mail, social network seperti twitter, facebook, cuma aku kepingin twitternya. serta IM account seperti Yahoo messenger dalam 1 satu program, yaitu digsby.

Pertama aku coba pake cd bootable ku, soalnya cd room ku agak error, biasanya mau biasanya nggak, cd ini pernah aku pake buat install ulang, tapi nggak tau kenapa, kemaren gak bisa, cd room nya gak mau deteki cd bootable ku. Waduh... pusing !!! untung punya cd blank, jadi aku minta tolong ma temenku buat burn xp2 bajakan ke cd blank ku. dah selesai, di coba di laptop temenku, ternyata cd dah jadi A.K.A siap digunakan. aku coba ke laptopku, eh..... nggak bisa !!!! Pusing ??? Banget !!! Pokoknya hari ini harus Gol !!! Udah lah, dulu pernah browsing gimana caranya jadiin flashdisk jadi bootable, A.K.A Flashboot. Gak mau nunggu lama, langsung ambil jaket, tancap kaki ke warnet kuvera, warnet yang ada di deket kos ku di denpasar yang punya 7 kompi klien.

Aku cari-cari, akhirnya ketemu juga, banyak tutoral yang aku ambil kemarin, tapi aku coba cuma 1 dan untungnya berhasil, dengan modal Rp. 3000,00 untuk ngenet 1 jam, aku harap tutorial yang aku ambil ini bisa.

Jadi ini caranya :

1. download toolsnya : USB_PREP8 lalu PeToUSB dan yang terakhir BootSect.exe
Buat downloadnya, kayaknya 2shared.com menyertakan limit download, jadi satu satu kalo download.

2. Kalo udah di download, ekstrak masing-masing file tersebut.

3. Copy file PeToUSB.exe ke direktori USB_PREP8.

4. Eksekusi file usb_prep8.cmd yang ada di folder USB_PREP8, sehingga muncul command prompt :
















Ikuti perintahnya, tekan sembarang tombol, ntar program PeToUSB muncul.





















5. Klik Start, dan biarkan window PeToUSB tetep terbuka setelah selesai format.

6. Buka command promt lagi, pindah ke direktori tempat bootsect di ekstrak.

D:\> cd direktori_penyimpanan_bootsect.exe

7. Ketikkan " bootsect.exe /nt52 I: ". Dimana M: itu letak flashdisk mu, jadi sesuaikan sendiri.

Kalo sukses, nanti muncul : "Bootcode was successfully updated on all targeted volumes.

8. Tutup command prompt ( yang buat ketik bootsect.exe /nt52 I: ) , tutup juga window PeToUSB, terus bakal muncul :














Tekan 1 lalu Enter, buat ubah source path XP mu, browse ke drive CD XP, kalo aku pake virtual drive, jadi XP.iso aku mount ke virtual drive, kan CD room ku gak bisa.

Tekan 3 lalu Enter, terus ganti nama drive USB. (kalo punyaku drive I:).

Tekan 4 lalu Enter, lalu proses penyalinan data ke usb drive akan dimulai.

nanti akan ada pertanyaan yang akan muncul pas proses terjadi, misalnya : pertanyaan soal format drive T: ketikkan Y lalu Enter.

Kalo format udah selesai, tekan Enter. Terus tekan Enter lagi. Lalu akan muncul pop up, klik Yes. Klik Yes lagi pada pop up yang muncul. Terus klik Yes lagi untuk unmount virtual drive.

Proses diatas tuh agak lama, tepatnya abis klik Yes pada pop up yang pertama, jadi sabar aja.

Kalo udah selesai semua A.K.A Finish, berarti kamu dah buat Boot USB Flashdisk yang siap digunakan buat install windows Xp mu.

Restart Laptop, Setting Bios untuk first boot : USB HDD, ntar kalo sebelum restart kamu dah colokin tu Usb, ntar bios tau nama USb tu kok, santai aja.

Terus bakalan ada pilihan, 2 pilihan tapatnya, pilih opsi kedua ato kalo gak salah Mode TXT yang didahului nomor 1.

Jangan cabut Flashdisk sebelum instalasi bener-bener selesai.

Akhirnya, sekarang dah bisa nikmatin YM, Digsby lagi, bisa buat twitter-an.

Follow aku di twitter : www.twitter.com/PUTU_16.

Ato di YM : i_utup

Facebook & Plurk : i_utup@yahoo.com

1 comments:

sawali tuhusetya said...

wah, terima kasih share infonya, mas. ternyata berkat kemajuan teknologi, install windows pun bisa dilakukan melalui usb flashdisk, seperti ubuntu aja.

Post a Comment